Senin, 29 Juli 2013

Gue berdoa agar semua orang di Indonesia bahagia dengan ketidaknyamanannya

Gue ga pernah literary ngedoain kedamaian dan kemakmuran Negara gue, Indonesia, dalam sembahyang gue. But I did it last night. Gue miris soalnya. Negara kita adalah Negara kaya yang miskin. Gue ga tau kenapa kontradiksi itu kita punyai. Dan gue ga tau apa kontradiksi ini sama hal nya seperti yang India miliki, dimana padatnya orang dan panasnya cuaca membentuk suatu kenyamanan tertentu dengan ke-religius-annya, sampai banyak orang-orang yang bersedia menanggung semua ketidaknyamanannya demi kenyamanan itu. Gue ga tau, karena gue belum pernah ke india, dan gue ga bakal tau karena gue ga pernah menjadi orang asing di Negara gue sendiri. But I personally think that I’m not comfortable with this contradiction we have. Gue ga tau dimana lagi orang-orang harus mengantri berjam-jam buat dapet air putih dan 2 macam makanan kecil. Gue bahkan liat yang nipu, ngebohong, bawa-bawa anaknya pula, nangis buat dapet air putih dan makanan murah itu. Dari situ gue sadar gue ga kenal sama Negara gue sendiri. Entah karena gue mungkin hidup dalam kehedonisan yang ga gue sadari, atau mungkin gue, yang kata orang-orang, do not care much around. Dan gue kaya dibukakan mata ngeliat ini. Semiskin apa Indonesia sampai ada orang-orang yang harus dorong anak-anaknya, yang harus nipu demi segelas air putih 500an?


Honestly, mungkin gaya hidup gue yang ga bener. Dan seharusnya gue menyadari, tiap gue mau ngeluarin duit untuk hal apapun yang diluar kebutuhan primer gue, kalau diluar sana masih banyak banget yang hidupnya ga kebayang. Masalahnya, kesadaran ini hampir sering gue sadari setiap kali gue ngeliat anak jalanan, pengemis, pemulung, tapi gue ga pernah ngejalanin kesadaran ini. Apa kesadaran membuat kita merasa benar dan masih punya hati? Apa hukumnya jika kita hanya sadar, without doing nothing? Ketika banyak celah dan jalan yang bisa kita ambil buat menjalani kesadaran kita, kita selalu berujung pada keegoisan kita sebagaimana manusia, yang kebutuhan dan keinginannya' tidak terbatas.

Oke, mungkin gue terlalu mengeneralisasi. Harusnya gue pake kata “gue”, bukannya “kita”. Karena mungkin gue aja yang ngerasa kaya gini. Yang ngerasa hanya cukup dengan bersimpati aja. Pas mau ngasih apapun, pertimbangannya jauh kemana-mana sampai hal-hal yang ga penting aja dijadikan landasan untuk dijadikan pertimbangan, which means, ga mau ngasih karena ngerasa suatu saat pasti dibutuhin, nimbun istilahnya. Mungkin gue termasuk orang yang pelit. Bukan tipe orang yang bro-bro an ngasi ke orang, bahkan untuk amal pun gue perlu perhitungan. Beli apapun gue selalu ngitung. Apapun harus diperhitungkan dan dipertimbangkan. Dan perhitungan seperti itu cocok banget sama kaya cara kerja gue yang harus terplanning dan susah banget buat ngejalanin hal berupa “spontanitas”. Kalau gue ga ngitung, gue selalu berpikir bakal berada di my bad end. Dan gue ga mau. Kalau kerja gue ga ter-planning, ya kerja gue acak-acakan. Dan gue ga suka kalau udah saling nyalahin pas ada yang salah, berhubung tidak semua orang yang umurnya 30 tahun keatas dan orang yang banyak pengalaman itu dewasa dan bisa saling ngertiin. Okay, sorry. Topiknya jadi ngawur kemana-mana.

The point is, belakangan selama gue bergiliran sama rekan kerja gue diskusi dan saling ngasih ceramah di kantor, gue dapet banget makna dari sedekah. Sedekah ini yang banyak ngerubah hidup gue. Gue terharu banget pas banyak banget orang yang nyumbang buat acara amal kantor gue, dan bikin gue ngejalanin kesadaran ini. Bikin gue ngeliat, bikin gue memberi, bikin gue belajar ikhlas, menangis terharu melihat senyuman anak yatim pas dapet tas sekolah, bikin gue merasakan kebahagian hakiki. Bukan kebahagiaan ketika lu dapet mobil ato duit 1 miliyar. Gue ga tau sih rasanya dapet 1 miliyar. Tp ga akan se-mencelos ini gue pikir.


Gue belakangan sering berdoa, literary nyebutin Negara gue Indonesia, supaya menjadi Negara yang lebih baik. Dan sangat retoris kalau Allah bertanya, “baik seperti apa?” Gue yakin Yang Maha Kuasa diatas tau seperti apa itu “baik”, bahkan dalam konteks kecil yang ada dipikiran gue mengenai “baik”, gue yakin Ia tau. Gue berdoa agar semua orang di Indonesia bahagia dengan ketidaknyamanannya, diberi jalan untuk menikmati ketidaknyamanannya, diberi banyak perasaan tenang dalam ketidaknyamanannya.

Tidak ada komentar: