Senin, 17 Juni 2013

So make us the asset, not the burden.


Setelah gue ngeluh karena ga punya kerjaan dan berpikir buat nipu orang tua buat S2 buat belajar padahal buat ngegantungin hidup gue lagi ke mereka, akhirnya hari ini gue ngeluh lagi karena dapet kerjaan. But that’s how human works.

Gue selalu ngerasa skripsi-lah yang mendewasakan gue. Setelah banyak-banyak sabar dan mengerahkan seluruh kemampuan demi lulus, sekarang gue ngerti itu ga ada apa-apanya dibanding dengan pertama kali lo masuk kerja. The responsibility is too big in my shoulder. But no matter what, you have to carry it and pay for it.

Dan gue selalu berpikir kesalahan ada pada diri gue. Entah karena mungkin gue murtad dari jalan gue sebagai guru, atau karena gue yang susah belajar hal-hal baru, atau daya adaptasi gue yang lambat, atau mungkin karena gue berada di tempat yang salah, yang juga salah gue. Awal kerja gue ngerasa 100x lebih berat dari pada ospek pramuka gue waktu smp, ketika gue disuruh makan telor kunyahan kakak Pembina gue (yiaks ..)  and as my friend said, dan yang ini yang paling gue rasa berat, “hal yang menyebalkan ketemu orang baru adalah, ketemu orang yang menyebalkan.” Well, true story.

Tapi, ketika lo ada di titik jenuh dan mikirin lagi hidup lo, lo ngerasa bisa ngeliat dengan jelas apa yang kurang dalam idup lo, dan apa yang sebenernya pengen lo lakuin. In my case, ketika gue ngerasa perusahaan yang gue tempati udah mulai ngeliatin ke unfair-an nya ke karyawan, dan atmosphere kerja yang jadi aneh karenanya, gue ngerasa kalau Allah ngasih jalan ke gue buat moving out  dan kembali ke jalan yang benar, which is, jadi guru, might be, might be or at least buat ga disitu lagi. Disisi lain, hikmah yang gue dapet di tempat kerja gue yang sekarang bikin gue pengen kelola perusahaan kecil sendiri. Yang ini impian gue sik. But the point is, gue udah kebayang gimana sebuah perusahaan bisa berjalan dengan baik dari berbagai aspek. And the most important part in company is the employee itself, like me, like us, dude.

Lo punya ide se-oke mukanya Emma Watson atau Emma Stone, atau se-maha dahsyat kharismatiknya eyang Subur ampe punya istri-istri girlbandnya, ide lo cuma ide tanpa employee. You need partner, and we are the partner. So make us the asset, not the burden. Ketika para pengusaha menggantungkan hidupnya pada perusahaan tapi perusahaanya kacrut karena employeenya ga semangat banget gawe dan alhasil ngaruh ke produk dan daya jual yang nurun, ya bye bye. I think they the bosses know this but why?

Gue selalu ngerasa buat ga meduliin sema intrik yang ada dalam perusahaan. Yang penting kerja aja. Ikhlas. Pake kemampuan terbaik lo. But there’s always a reason to stop. Bahkan ketika tempat kerja lo nyaman, bekerja dengan orang-orang yang (sebagian) menyenangkan, yang sebenernya semua hambatan kecil bisa lo taklukan kalau lo mau sabar dikit lagi, atau lo mau pait2an dulu gawe. Tapi ada yang ga salah. Nurani lo bilang bukan tempat lo disitu dan sekalipun dengan semua kenyamanannya elo bertahan, lo tetep ngerasa bersalah.


Dan disini gue mulai galau lagi kaya anak SMA.

Tidak ada komentar: