Rabu, 02 Oktober 2013

Hey, Freedom!


Dulu waktu gue masih jadi guide di Museum KAA, gue pernah dapet pertanyaan dari pengunjung yang bikin gue kaya orang bego. Saat itu isu-nya soal relevansi Gerakan Non-Blok di zaman sekarang yang notabene udah ga begitu signifikan karena udah ga ada blok-blokan lagi setelah perang dunia ke II. Mungkin karna saat pelatihan gue ga terlalu serius merhatiin materi-materi yang bakal gue sampein juga. Kebanyakan gue belajar dari wikipedia malah dari pada pas pelatihan.

Jadi saat itu, gue rada stuck juga pas ditanyain sama si bapak-bapak yang laganya kaya orang ga ngerti apa-apa. Gue dengan pedenya negejelasin tentang gerakan non-blok, dan bahwa kita, Negara Indonesia adalah salah satu pencetusnya, ga memihak manapun demi perdamaian dunia. Pertanyaannya: “Kenapa Indonesia menganut sistem demokrasi, yang berkaitan erat dengan Amerika, seperti Amerika, kalau Indonesia tidak memihak satu blok pun? Apakah dengan begitu secara tidak langsung Indonesia mengakui Amerika lebih baik?”

Masalahnya, pengetahuan politik dan sejarah gue jeblok banget diluar apa yang gue pelajari di textbook. Gue diem dulu sebentar dan mikir, and I have nothing to think. Gue bilang demokrasi yang kita berbeda. And he said, “how?” gue senyum aje. Jawab muter-muter. Si bapaknya senyum aje juga.

Sebenernya mungkin jawabannya simpel, kalau gue bisa mikir cepet waktu itu. Dulu gue pikir Demokrasi itu emang Amerika yang bikin dan nerapin dan meng-influence ke Negara-negara lain. Gue mikir begitu karena waktu itu yang diulang-ulang adalah Amerika dengan demokrasi-liberalisnya dan Uni Soviet dengan Komunis-sosialisnya. Selebihnya pengikut-pengikutnya aja, termasuk Indonesia. Makanya pas si bapaknya nanya, eh iya juga ya? Kenapa ya? Gue jadi beneran keliatan bego.

Padahal, gue belajar pas SMP kalo ga salah, apa SD gitu. Demokrasi itu berasal dari kata Yunani Demos dan Kratos yang mengindikasikan kalau demokrasi itu lahir dan berkembang di Yunani, bukan Amerika, jadi Amerika ngikutin aja. It means that, Indonesia juga bukan ngikutin Amerika dan nganggep kalau paham Amerika bener apa engga. Dan walapun kita sama-sama Demokrasi, ada banyak perbedaannya, yang kalau gue terusin disini bakal jadi pelajaran sejarah nantinya. Ya simpelnya sih gitu. Mungkin. (untuk lebih jelas silahkan buku sejarah apapun tentang demokrasi, atau Tanya mbah Gugel)

Dan hari ini gue liat salah satu akun twitter yang gue follow, yang dimana si pemilik akunnya pergi ke meja hijau karena pencemaran nama baik, di twitter. Persis sama kasus temen gue juga yang di arak ke rektorat buat minta maaf karena cicitannya. Anyway, dalam hal ini gue kayanya netral.  Ga ngebenerin, ga nyalahin juga.

Trus gue baca salah satu twit followersnya:

@yyyy Tepat, itu anti demokrasi & kebebasan RT "@xxxx mengapa pasal pencemaran nama baik UU ITE perlu dicabut:


Yang ada dipikiran gue, demokrasi & kebebasan itu Amerika banget. Dan hal ini yang bikin gue balik lagi kepertanyaan bapak-bapak di Museum KAA itu. Apa kita secara ga langsung ngebenerin Amerika dari awal? Demokrasi liberal? Apa dalam demokrasi pancasila ada liberalisme seperti yang di maksudkan si @yyyyy ? gue ga tau juga batas kebebasan dari kata “kebebasan” itu, karena sebebas apapun kalau menyangkut suatu Negara pasti ada rule nya kan? Ah ya, gue mulai ga ngerti arah pembicaraan gue. Maksudnya, apakah kita sudah menjadi Negara yang bebas? Negara demokrasi yang bebas? Kaya Amerika?

Orang-orang di Negara kita banyak banget nuntut kebebasan ini itu. Kok kaya bayang-bayang aja idealisme pancasila kita. Apa udah ganti gitu ya sekarang? Gue ga tau juga. Yang jelas, gue ngerasa lebih nyaman dengan Indonesia yang ga sebebas sekarang, dalam hal-hal tertentu.


Dan oh ya, buat kasus pencemaran nama baik di twitter itu, it’s a personal stuff, really. Beresin personally aja lah. Ga usah pundungan gitu trus bawa pengacara. Cemen.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

freedom oh freedom. seems like rules don't go with reality.

Unknown mengatakan...

rules are formalities, dik... :D